Anchoring - Salah Satu Tool State Management

By  Jumala Multazam

 

State Management merupakan bagian penting dalam menapaki jalan menuju sukses. Banyak tools yang bisa dipergunakan, salah satunya adalah yang ditawarkan oleh NLP yang disebut Anchoring.

 

Dalam diskusi ini kita akan melihat salah satu alat dasar NLP yang akan sangat ampuh dalam membantu Anda untuk lebih percaya diri, antusiasme dan menyenangkan saat bertemu orang. Dan setelah Anda menerapkan teknik NLP yang akan Anda pelajari ini, Anda akan merasa mudah untuk membuat kesan pertama yang hebat pada sebuah pertemuan dan kesempatan di depan orang banyak, kapanpun Anda inginkan.

Kita akan mempelajari cara yang mudah tentang teknik anchoring (membuat dan menggunakan jangkar), cara sederhana yang memungkinkan Anda untuk mengubah perasaan yang tidak diinginkan dengan perasaan baru yang didesain dalam hitungan menit, menit ataukah detik ya.....  Sekarang saya akan menjelaskan bagaimana membangun anchor NLP. Setiap langkah yang ringkas ini harus diikuti dengan tepat untuk memastikan Anda membuat anchor yang kuat.

Membuat Anchor NLP

1. Identifikasi kondisi emosional yang Anda inginkan misalnya percaya diri, ketenangan, antusiasme. Langkah ini sangat penting.
Anda perlu mendefinisikan secara spesifik perasaan apa yang Anda inginkan. Misalnya ingin merasa kuat dan antusias yang spesifik, jika anda mengatakan bahwa tidak ingin merasa cemas atau tegang itu tidak banyak membantu karena Anda masih tidak tahu apa yang Anda inginkan sebenarnya. Jadi tuangkan perasaan yang anda inginkan dengan kalimat positif dalam otak anda.

Pilih keadaan yang diinginkan secara spesifik perasaan seperti apa yang Anda inginkan, misalnya anda ingin percaya diri. Carilah waktu tertentu dalam hidup Anda yang telah lalu, ketika Anda merasakan hebat dan percaya diri. Pilih peristiwa yang ingtannya masih kuat dengan perasaan emosi yang kuat agar lebih mudah membayangkannya kembali, serta lebih mudah merasaknnya. Isi ceritanya tidak penting, yang penting adalah perasaannya percaya diri. Temukan beberapa pengalaman yang sangat kuat dan kemudian pilih salah satu yang paling kuat.

Bayangkan sekarang dan seolah-olah peristiwa itu terjadi lagi pada saat ini dan anda masuk terlibat dalam kejadian itu. Perhatikan apa yang terlihat, perhatikan apa yang Anda dengar, rasakan apa yang Anda bisa anda rasakan pada kejadian itu. Biarkan itu menjadi seolah-olah nyata kembali. Sekarang perhatikan, ternyata perasaan (state) anda membubung dan rasa percaya diri semakin mepuncak, dan kemudian menurun kembali.

Sekarang ulangi proses ini sekali lagi, hanya kali ini pada saat perasaan percaya diri (state) menjelang puncak kemudian buatlah gerakan yang unik dengan jari-jari di satu tangan misalnya mengepalkan tangan kanan sambil mengatakan sebuah kata untuk membangkitkan semangat misalnya dengan lirih katakan “COOOL MAAN.....”.
Sambil terus menjaga bayangan peristiwa itu dan rasa percaya diri menuju puncak. Tahan state selama beberapa saat, lepaskan jangkar dan kemudian break state (mengubah keadaan emosi Anda dengan memikirkan sesuatu yang sama sekali berbeda atau dengan mengubah postur tubuh Anda).

Lakukan hal ini sekitar lima kali untuk membangun sebuah anchor NLP yang kuat. Pengulangan ini sangat penting.

Uji  dan aktifkan anchor anda dengan membuat gerakan yang unik seperti pada saat membuatnya, yaitu kepalan tangan kanan lengkap dengan ucapan lirih “COOL MAAN....”.  Anda akan tahu bahwa Anda telah berhasil ketika perasaan percaya diri muncul ketika anda mengaktifkan anchor. Anda harus merasakan keadaan larut dalam waktu 10-15 detik. Jika perasaan itu tidak memuaskan kemudian pilih pengalaman berbeda yang lebih tepat memberikan state yang sesuai.

Untuk memastikan Anda berhasil membuat anchor dan anchor anda bekerja dengan baik, Anda perlu belajar tentang 6 tahap rahasia keberhasilan membuat anchor NLP.

Rahasia NLP Anchoring

-    Gunakan hanya emsosi yang intens yaitu pengalaman sangat mengesankan dan emosional.
-    Pilih sebuah pengalaman yang murni dan tidak dicampur dengan perasaan lainnya.
-    Gunakan anchor unik.
-    Waktu sangat penting, rekam dengan anchor sebelum puncak dan lepas sebelum turun.

-    Sebanyak mungkin berlatih achoring untuk menjadi terampil, gunakan sekitar 30 menit per sesi.
-    Terus diperkuat secara berkala karena anchor bisa memudar intensitasnya dari waktu ke waktu.

Menggunakan anchor NLP dapat membuat perbedaan besar bagi kemampuan Anda untuk berhubungan dengan orang. Aktifkan anchor saat dibutuhkan, yaitu misalnya anda mau presentasi, mau menyanyi, mau wawancara, dan lainya.  Anda juga dapat melakukan stacking anchor (menumpuk anchor). Dengan anchor yang sama, gerakan dan kata-kata yang sama, anda bisa ulangi lagi proses di atas namun sekarang menggunakan gambar James Bond yang tersenyum penuh wibawa.

 

Proses perekaman state/ emosi bisa dilakukan kapanpun dan di manapun, dan anda bisa menggunakannya pada saat diperlukan dengan tidak kentara dalam keadaan tidak diperhatikan orang lain. NLP anchoring adalah keterampilan hidup yang akan berfungsi untuk apa pun yang perlukan. Ia relevan untuk kehidupan kerja, keluarga dan hubungan sosial lainnya.

 

Luangkan waktu juga untuk meninjau kembali misi hiidup dan value Anda. Kemudian menentukan keadaan emosional yang Anda butuhkan untuk mencapai tujuan tersebut. Buat daftar dari perasaan-perasaan penting yang anda perlukan dan jadwal sekitar 30 menit untuk menyiapkan anchor untuk masing-masing.

 

Dan anda telah memiliki alat yang luar biasa unutk mengelola kesiapan emsosi anda. Selamat dan sukses dengan alat baru pengelola emosi yang luar biasa.

 

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ARTIKELIUS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger